Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Jariungu.com, Website Buatan Anak Muda Indonesia untuk Mengajak Masyarakat Kenal Calon Anggota Parlemen


Pernah mendengar atau membuka website www.jariungu.com ? Website yang dibuat oleh sekumpulan anak muda dengan tujuan memberikan informasi kepada pemilih untuk mengenal dan mengetahui data calon anggota parlemen sangat penting sebagai bekal Pemilihan Umum 2019 pada Rabu (17/4) mendatang.
Jakarta: Pernah mendengar atau membuka website www.jariungu.com ? Website yang dibuat oleh sekumpulan anak muda dengan tujuan memberikan informasi kepada pemilih untuk mengenal dan mengetahui data calon anggota parlemen sangat penting sebagai bekal Pemilihan Umum 2019 pada Rabu (17/4) mendatang.  
 
Dengan data tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan. Salah satu situs yang menyediakan data tersebut adalah jariungu.com. Situs web ini merupakan salah satu portal penyedia data yang pengelolanya sebagian besar adalah anak muda. “Misinya sangat sederhana, yaitu membuat para calon wakil rakyat lebih dekat dengan para pemilihnya,” kata Teuku Radja Sjahnan, Koordinator Litbang dan Teknis Jariungu.com.
 
Berdiri sejak tahun 2010, situs ini konsisten menyajikan informasi mengenai para calon legislatif dari dapil tingkat II hingga pusat. Hal yang membuat situs ini berbeda adalah inisiasi dan konsistensi dalam mengelola situs penyedia data calon legislatif.  Pada 2009, situs penyedia data caleg sama sekali belum ada. Sementara kemajemukan dan kondisi masyarakat Indonesia yang sangat kompleks menjadi latar belakang munculnya ide penyediaan data calon anggota parlemen ini. 
 
Calon anggota legislatif dipilih berdasarkan area domisili. Kebanyakan masyarakat berdasarkan survey oleh jariungu.com tidak terlalu mengenal calon anggota parlemen tersebut, terutama yang tidak populer. Alasan lainnya yaitu adanya kaitan yang sangat erat antara tugas anggota parlemen dengan demokrasi Indonesia. Lebih dari itu, masyarakat justru perlu mengetahui visi-misi, latar belakang pendidikan, serta berbagai hal lainnya tentang si calon setelah ia terpilih sebagai anggota parlemen. 
 
 
Setelah pemilu berakhir, jariungu.com akan merangkum data diri calon yang terpilih serta berita-berita yang berhubungan dengan calon yang terpilih. Dengan demikian, pemilih dapat melihat bagaimana anggota parlemen pilihanya bekerja dan menyalurkan aspirasi rakyat, serta terus mengawal apakah sudah sesuai dengan informasi yang pernah ia baca sebelumnya. Lebih jauh lagi, informasi yang diperoleh serta pengalaman memilih pada satu periode pemilu dapat menjadi bahan pertimbangan dan acuan bagi pemilih di periode berikutnya. Selamat Memilih.!(shi/ uci)