Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pelatihan Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pramuka


Cibubur: Kemenpora melalui Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Gerakan Pramuka, di Pusat Pemberdayan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPON), Cibubur, Jakarta Timur, dari tanggal  22 s/d 27 Maret 2010. Pelatihan ini diikuti oleh 90 orang peserta yang terdiri dari Pramuka Pembina dan calon Pembina gugus depan dari seluruh Kwatir Cabang di 33 propinsi Indonesia.

Menurut Karsono, Kabid Rekrutmen Fasilitator pada Asdep Pengembangan Fasilitator Kepemimpinan Pemuda sebagai ketua pelaksana, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan dan membentuk karakter bangsa dan nilai-nilai bela Negara melalui gerakan Pramuka.

Kegiatan dibuka oleh Muhammad Budi Setiawan, Deputi Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang mewakili Menpora pada Selasa (23/3) pagi. Menurutnya, pelatihan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Kwatir Nasional Gerakan Pramuka. Ini sesuai dengan instruksi Presiden kepada Menpora  untuk mendukung revitalisasi Pramuka dan Inpres Presiden tentang meningkatkan partisipasi pemuda terhadap gerakan pramuka.

"Pemuda selain sebagai bagian penting seharusnya juga dapat menerima nilai-nilai luhur dari Pramuka dan agar setelah pelatihan ini para peserta dapat mengambil hikmah, khususnya nilai-nilai pertemanan serta membawa feed back yang baik," pesannya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar. Kata Azrul,  masalah pemerosotan nilai-nilai nasionalisme disebabkan karena rasa ketidak pedulian terhadap bangsa dan negara. "Maka pelatihan seperti ini perlu untuk mengembangkan karakter bangsa dan bela negara. Pelatihan ini juga cukup relevan dalam membahas nilai-nilai kebangsaan," kata Azrul.

Ditambahkan, Pramuka dapat dijadikan wadah dalam pembentukan karakter karena  Pramuka selalu memegang teguh nilai-nilai Tri Satya, yang berisikan kewajiban-kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada negara, kepada sekitarnya dan kepada diri sendiri. Walau pelatihan ini dilaksanakan dalam jangka waktu yang singkat, Azrul berharap agar para peserta dapat mengembangkan dan manyampaikan hasil dari pelatihan pengembangan karakter bangsa melalui gerakan pramuka kepada masyarakat luas.(rin)