Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-China


Menpora Andi Mallarangeng, hari Senin (22/3) siang di kantornya menerima Dubes China untuk Indonesia, Zhang Qiyue. (foto: bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Sejumlah kegiatan akan diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China, kata Duta Besar China untuk Indonesia, Zhang Qiyue, saat melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, hari Senin (22/3) siang.

 Kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah Gala Event Kebudayaan (Gala Cultural Event) yang rencananya akan digelar di Istora Senayan, Jakarta akhir April mendatang. Pemerintah China akan mendatangkan puluhan penari dan artis untuk memeriahkan acara tersebut.  "Kami juga akan mendatangkan Tim Nasional Wushu untuk tampil di acara tersebut,” ujar Zhang.

Sementara, program-program jangka panjang di bidang olahraga dan kepemudaan juga akan dilakukan kedua negara. Zhang mengatakan, para pelatih dari berbagai cabang di negerinya sudah bersedia berkunjung ke Indonesia untuk bertukar ilmu dan pengalaman dengan pelatih-pelatih maupun atlet Indonesia.

Di bidang kepemudaan, lanjut Zhang, China akan meningkatkan pemberian beasiswa kepada para pelajar maupun  mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu di negaranya. Peningkatan juga akan dilakukan di bidang lain, seperti pariwisata.  “Kami akan memperbaharui perjanjian kerjasama Indonesia-China di bidang pariwisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan antara kedua negara,” tambahnya.

 Menpora Andi Mallarangeng menyambut baik rencana China yang akan menyelenggarakan Gala Event Kebudayaan dalam memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara, terutama dengan kedatangan Tim Nasional Wushu China.  “Diam-diam cabang wushu mampu mengharumkan nama bangsa karena berhasil meraih dua medali emas dan enam medali perak pada SEA Games di Laos. Dengan kerjasama ini diharapkan wushu Indonesia bisa mendapatkan ilmu yang lebih dari Tim Nasional Wushu China dan dapat kembali berprestasi pada Asian Games mendatang,” katanya.

 Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China jatuh pada 13 April 2010. Menurut Zhang, rencananya Perdana Menteri China Wen Jiabao akan datang ke Indonesia dalam peringatan tersebut.(mal)