Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora: Mengapa FIFA Harus Menjatuhkan Sanksi?


Jakarta: Menpora Andi  Mallarangeng hari Senin (22/3) siang menerima Farhan dan crew TV One di ruang kerjanya yang mewawancarai untuk  program  acara Tatap Muka yang akan tayang hari Minggu (28/3) pukul 21.00 WIB.  

Ada hal yang menarik selama sesi tanya jawab berlangsung. Dalam wawancara yang membahas mengenai KSN (Kongres Sepakbola Nasional),  Farhan sempat menanyakan mengenai ada kekhawatiran terhadap intervensi pemerintah di KSN yang kemungkinan dapat mengundang sanksi dari Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Menpora  balik bertanya, jika seandainya FIFA sampai menjatuhkan sanksi, pertanyaannya, mengapa harus menjatuhkan sanksi?

Menurutnya, KSN ini bukanlah kongres PSSI. Karena itu tidak punya kewenangan  langsung untuk mengurusi PSSI secara organisatoris. "Tetapi KSN ini merupakan sebuah kekuatan moral dari bermacam-macam elemen masyarakat yang bersama-sama memikirkan tentang bagaimana sepakbola kita, untuk lima tahun dari sekarang, sepuluh, bahkan limabelas tahun mendatang.

"Saya yakin FIFA juga mengamati perkembangan sepakbola di Indonesia, juga mengamati bahwa Indonesia yang penduduknya 230 juta  ini prestasi olahraganya semakin terpuruk", tambah Menpora. (rin)