Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Venues SEA Games di Palembang Diharapkan Selesai Sesuai Jadwal


Palembang: Sejumlah sarana pertandingan untuk SEA Games XXVI di Palembang diharapkan dapat selesai secepatnya sebelum kegiatan akbar ini dimulai November 2011 mendatang. Demikian hal ini disampaikan sejumlah pengurus besar di beberapa cabang olahraga yang ikut melakukan monitoring (kunjungan) ke lokasi venues SEA Games di Palembang, Kamis (27/1) siang. 

Ketua Bidang Luar Negeri PB Perbakin (Persatuan Menembak Seluruh Indonesia) Sita Razni di sela-sela kegiatan monitoring menilai bahwa pembangunan venues untuk SEA Games XXVI belum kelar. Dia berharap pembangunan sarana menembak yang masih 24 persen ini cepat selesai sesuai waktu yang ditetapkan. 

Sehingga sarana menembak ini dapat diuji coba dalam kejuaraan nasional pada bulan Juli. Tentunya percepatan ini didukung dari berbagai hal. 

"Agar pembangunan berjalan sesuai harapan memang diperlukan dukungan dari sisi anggaran, dukungan dari material dan cuaca yang bagus," kata Sita.  

Kendati demikian dia mengakui site plan sarana menembak di kawasan Stadion Jaka Baring Palembang memang lebih lengkap dibandingkan stadion manapun. Karena sarana menembak di Jaka Baring menyediakan lapangan 10 meter, 25 meter, 50 meter, running target, big boar dan skeet trap. 

Di sela-sela kegiatan serupa, Sumartoyo, Ketua Komisi Perlombaan PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) berharap, pihak kontraktor menambah ruang/tempat foto finish bagi kejuaraan atletik. Tribun untuk atletik yang sedang dibangun saat ini masih sepanjang 40 meter. Agar memenuhi standar,   panjang tribun yang dibutuhkan adalah 90 meter.

"Kami sudah lihat lokasi dan nampaknya masih seperti semula. Tribun sudah berdiri dan panjangnya masih 40 meter, jadi tidak ada tempat untuk foto finish. Kami sedang menyiapkan surat untuk disampaikan kepada Gubernur agar dapat mendukung menambah ruang untuk tempat foto finish," harap Sumartoyo. 

Sementara itu, Fitrah Utami, PB Ketua Untuk Renang Indah dan Jerie Willar, PB Ketua Untuk Renang Indah mengatakan persiapan pengadaan sarana pertandingan aquatik tidak ada masalah yang berarti. Diperlukan beberapa perbaikan untuk sarana renang indah di stadion Jaka Baring dan lomba polo air di Kolam Renang Lumban Tirta. 

"Hanya sebagian kecil yang perlu direnovasi di Lumban Tirtam seperti tembok, cat dan banner. Diperkirakan butuh waktu 6 bulan untuk perbaikan itu, namun nampaknya 4 bulan sudah cukup," katanya. 

Hendry C Wijaya, Ketua Juri dan Pembuat Jalur pada PB FPTI (Federasi Panjat Tebing Seluruh Indonesia), JBA Suwardi, Wakil Pembinaan Prestasi PB Tinju Indonesia (PB Pertina) dan Alamsyah Wijaya Sekretaris Umum PB PABBSI (Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia) juga optimis sarana pendukung olahraga dapat diselesaikan tepat waktu. 

Staf Ahli Kemenpora Bidang Informasi dan Komunikasi Sakhyan Asmara yang dikoordinasi untuk mendampingi PB-PB mengatakan optimisme pengurus pusat terhadap pembangunan venues yang akan digunakan pada SEA Games XXVI mendatang akan disampaikannya kepada pimpinan. Disamping itu Kemenpora berharap kebutuhan PB dan pengadaan fasilitas pembangunan harus disesuaikan agar memenuhi standar. 

Sementara itu Rizal Abdullah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumatera Selatan mengatakan tanah seluas 300 hektar di Jaka Baring memang telah disiapkan untuk Sport City. Dalam rencana pembangunan venues SEA Games akan ada sport science center, wisma atlet, ski air. Rizal optimis semua sarana olahraga yang akan digunakan dalam SEA Games di Palembang akan selesai tepat waktu sesuai standar. (rma)