Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora RI Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020


2 juta atlet eSports siap bertempur di rangkaian Turnamen Free Fire Fall Season 2020. Demikian tajuk konferensi pers dari penyelenggara Garena Indonesia, yang dihadiri Menpora RI Zainudin Amali secara virtual, dari Sitroom Lantai 9 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Jumat (7/8) siang.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: 2 juta atlet eSports siap bertempur di rangkaian Turnamen Free Fire Fall Season 2020. Demikian tajuk konferensi pers dari penyelenggara Garena Indonesia, yang dihadiri Menpora RI Zainudin Amali secara virtual, dari Sitroom Lantai 9 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Jumat (7/8) siang. 

Menpora RI menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan kepada Garena, mengingat sekarang ini semua mengalami situasi serba sulit. Lebih dari 200 negara termasuk Indonesia sedang berjuang untuk keluar dari pandemi dan sektor olahraga mengalami dampak serius. 

"Salah satu yang terpukul adalah kegiatan olahraga, olahraga fisik, lapangan, turnamen, latihan-latihan, pelatnas, pelatda yang nanti akan ke PON dan lain sebagainya. Tapi ada satu yang tetap berjalan yaitu Esports," katanya. 

Lanjutnya, turnamen ini tanpa disengaja ada kaitannya dengan Hari Olahraga Nasional atau semacam Road to Haornas 2020. Dari even dimulai awal tahun, lanjut pertengahan, dan play off serta babak finalnya akan berada pada bulan September serta bulan-bulan sesudahnya. 

Free Fire Master League Season II 8 Agustus - 13 September, dan Play-off 19 September, Free Fire Indonesia Master September-Oktober, dan diakhiri Free Fire Internaional Tournament November. Makin fantastis, eSports makin digandrungi anak-anak muda, terbukti pada Spring Season (pertengahan) 2020 ini diikuti 514.320 Tim, 2 juta Atlet/Player, dan 15 juta penonton, serta akan memperebutkan total hadiah sebesar 2 Milyar rupiah. 

"Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2020 ini kita dorong 3 tema sekaligus yaitu sport science untuk prestasi, sport tourism, dan sport industry. eSports tentu terkait salah satu, dua, bahkan bisa tiga-tiganya dari tema-tema itu. Saya terima kasih kepada Garena, tanpa kita minta ini menjadi bagian dari Road to Haornas," tambahnya. 

Sebagai kata akhir, olahraga menjadi kebutuhan seluruh elemen tanpa kecuali, karena dengan olahraga akan terpampang kebugaran dan kesehatan rakyat atau masyarakat sebuah bangsa.

"Saya pesankan kepada seluruh atlet atau player yakini Esports adalah olahraga, oleh karenanya tetap jaga kesehatan dan kebugaran, dan karena sekarang masih pandemi maka jalankan secara disiplin protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan, dan jangan lupa pakai masker," tutupnya. 

Hadir dan menyampaikan rangkaian dan tahapan turnamen, Direktur Garena Indonesia Hans Kurniadi Saleh, serta Pemain Esports Profesional Yogi Pramana Putra yang dikenal LetDa Hyper. (cah)