Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Bagian Hukum Kemenpora Gelar Expert Forum Bahas Aspek Kepatuhan Pada Penyelenggaraan Liga Sepakbola Nasional


Biro Humas dan Hukum melalui Bagian Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara Expert Forum membahas Aspek Kepatuhan Pada Penyelenggaraan Liga Sepakbola Nasional Dalam Hukum Positif Indonesia, di Hotel Grandia, Bandung, Jawa Barat, 26-28 Februari 2020. Acara di buka oleh Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Sanusi, didampingi oleh Kepala Bagian Hukum, Yuni Kusmiati.(foto:dok/kemenpora.go.id)
Bandung: Biro Humas dan Hukum melalui Bagian Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara Expert Forum membahas Aspek Kepatuhan Pada Penyelenggaraan Liga Sepakbola Nasional Dalam Hukum Positif Indonesia, di Hotel Grandia, Bandung, Jawa Barat, 26-28 Februari 2020. Acara di buka oleh Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Sanusi, didampingi oleh Kepala Bagian Hukum, Yuni Kusmiati.

Kegiatan tersebut diselenggarakan guna mengakomodasi inspirasi dari para klub sepakbola dalam menyambut Liga Tahun 2020 ini, khususnya terkait penggunaan Atlet Sepakbola WNA, serta mengenai manfaat pendaftaran Merek/Hak Cipta atas Logo dan Merek klub mereka. Dalam rapat tersebut, Sanusi menyampaikan bahwa pemerintah telah memberikan perhatian khusus bagi perkembangan persepakbolaan nasional, salah satunya melalui penetapan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional. 

"Dan melalui kegiatan ini, semakin mempertegas bahwa Pemerintah benar-benar mendukung kemajuan dunia persepakbolaan nasional dan berharap prestasi timnas sepakbola Indonesia dapat menjadi semakin maju bagi di tingkat regional maupun internasional," katanya.

Kegiatan expert forum dimoderatori oleh Eko Noeryanto, seorang peneliti hukum pada Kementerian Hukum dan HAM sekaligus seorang pemerhati sepakbola nasional, dan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Layla Fitria dari Direktorat Merek Kemenkumham, Ahmad Rifadi dari Direktorat Hak Cipta Kemenkumham, Ade Widhia Sathira dari Direktorat Izin Tinggal Keimigrasian Kemenkumham, dan Ahmad Rivai dari Direktorat Pengawasan Tenaga Kerja Asing Kemenaker.

Acara dihadiri oleh beberapa perwakilan pengurus klub sepakbola nasional, unsur perwakilan dari Badan Intelijen Keamanan POLRI, serta unsur perwakilan Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Kerjasama, Kemenpora. (dok)

Berikut poin yang di bahas diantaranya:

1. Mekanisme/tata cara pengurusan VITAS dan ITAS yang prosedural sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, beserta peraturan pelaksananya.

2. Mekanisme/tata cara pengurusan RPTKA dan IMTA yang prosedural sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, beserta peraturan pelaksananya.

3. Manfaat perlindungan Hak atas Merek Klub Sepak Bola sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, beserta peraturan pelaksananya.

4. Manfaat perlindungan Hak Cipta atas desain logo klub sepakbola profesional di Indonesia sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, beserta peraturan pelaksananya.