Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Bonus SEA Games 2019 Cair, Dea Salsabila Ingin Beli Rumah dan Naikan Haji Orang Tua


Salah satu atlet peraih medali emas terbanyak yakni Dea Salsabila Putri. Dea berhasil meraih tiga medali emas melalui cabang olahraga Modern Pentathlon masing-masing di nomor Women’s Beach Laser Run Individual, Women’s Beach Triathle Individual dan Mixed Beach Triathle Relay.(foto:dok/kemenpora.gi.id)
Jakarta: Kemenpora memberikan apresiasi dan bonus kepada para atlet dan pelatih peraih medali diajang SEA Games 2019 Filipina. Di pesta olahraga dua tahunan se Asia Tenggara ini, kontingen Merah Putih berhasil menduduki peringkat ke-4 setelah mengumpulkan 72 medali emas, 84 perak dan 111 perunggu.

Salah satu atlet peraih medali emas terbanyak yakni Dea Salsabila Putri. Dea berhasil meraih tiga medali emas melalui cabang olahraga Modern Pentathlon masing-masing di nomor Women’s Beach Laser Run Individual, Women’s Beach Triathle Individual dan 
Mixed Beach Triathle Relay.

Menurut dara kelahiran Surabaya, 20 Maret 1998 ini latihan keras, terus berusaha, sedikit mengeluh, berdoa dan restu orang tua menjadi kunci prestasinya. Momentum SEA Games Filipina menjadi keikutsertaannya yang pertama hingga meraih tiga medali emas. "Iya ini SEA Games pertama saya dan alhamdulillah langsung meraih tiga emas," ujarnya di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (12/12) malam.

Prestasi gemilang ini menjadi target pribadi seorang Dea yang masih menjadi mahasiswi Universitas Negeri Surabaya ini. "Emas ini untuk orang tua saya, pelatih saya dan untuk masyarakat Indonesia, ini adalah target saya pribadi untuk meraih emas, kalau pelatih sih bisa dibilang nargetin saya perak," ujar putri pasangan Johar Suharto dan Nur Saidah ini.

Raut muka senang dan gembira tak bisa ia tutupi usai mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kemenpora. Apalagi nilai penghargaan yang diberikan pemerintah lumayan besar yakni, satu medali emas Rp 500 juta. "Alhamdulillah seneng luar biasa karena juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah, terima kasih atas apresiasi untuk atlet Indonesia di SEA Games kali ini, saya ingin memberangkatkan haji orang tua  dan beli rumah," ucap anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Cabang olahraga Modern Pentathlon terbilang masih baru di Indonesia bahkan di Asia Tenggara tapi dengan semangat gigihnya Dea terus berhasil meraih prestasi di saat lomba dan tes uji coba, menurutnya, Pentathlon tidak membosankan karena terdapat tiga cabor sekaligus yang berbeda di dalamnya hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuknya. 

"Alhamdulillah saya bisa buktikan di SEA Games ini bisa meraih tiga emas, di cabor ini tidak membosankan ya karena ada variasinya dari berenang, lari hingga menembak, jadi ga jenuh di latihannya," tambah dara yang bercita-cita ingin mengumandangkan Lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Merah Putih sebanyak-banyaknya di luar negeri. 

"Saya masih ingin mengikuti olimpiade kalau tidak tahun ini tapi tahun depan, kepada adik-adik yang sedang berlatih olahraga jangan gampang menyerah jangan gampang mengeluh, terus berusaha dan berdoa," pesannya. (ben)