Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Langsung Datang ke Stadion, Diaspora Indonesia di Manila Tak Kecewa Meski Timnas U-23 Kalah


Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12) menjadi ajang pertemuan para Diaspora Indonesia di Filipina. Kekalahan Timnas U-23 dari Vietnam 0-3 tidak membuat mereka kecewa. Mereka berkumpul menjadi suporter untuk memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia di SEA Games 2019 adalah suatu kebanggaan yang cukup berharga.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Filipina: Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12) menjadi ajang pertemuan para Diaspora Indonesia di Filipina. Kekalahan Timnas U-23 dari Vietnam 0-3 tidak membuat mereka kecewa. Mereka berkumpul menjadi suporter untuk memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia di SEA Games 2019 adalah suatu kebanggaan yang cukup berharga. 

Sejak peluit kick off ditiup wasit, tribun terus gemuruh berkumandang lagu wajib suporter bola, "Yo ayo, ayo Indonesia....kuingin kita pasti menang....," mengikuti Sang Dirigen yang terus memompa semangat melalui speaker. 

Ketika babak pertama Indonesia ketinggalan 1 gol, semakin jadi teriakan para suporter yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan bekerja di Philipina tersebut. Sekilas jika melihat informasi Kedubes RI memang ada ribuan WNI yang berada menetap di Manila dan sekitarnya, baik yang permanen maupun dalam jangka waktu tertentu."Kami ingin menang dong Indonesia, kami tetap cinta Indonesia dan terus dukung Timnas," kata Bill, panggilan salah satu Diaspora Indonesia yang sudah tinggal di Manila selama 3 tahun.

Saat peluit panjang akhir pertandingan berbunyi dan hasilnya Indonesia harus takluk 0-3 dari Vietnam, para suporter tetap tidak kecewa, semua melambaikan tangan tanda dukungan kepada Eggy Maulana Vikri dkk atas jerih payah perjuangannya menyumbang perak pada SEA Games ini.

"Kami bangga, kami tidak kecewa, kami tetap dukung Timnas Indonesia apapun hasilnya," ujar Wince, salah satu suporter Diaspora Indonesia yang bekerja di sektor perdagangan. (cah)