Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Dimulai, Asrorun Niam: Ini Apresiasi Pemerintah untuk Kembangkan Dunia Usaha Pemuda


Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh membuka pemilihan Wirausaha Muda Pemula (WMP) dan Penggerak WMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, di Ruang Victory Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (15/10) malam. (foto:hendra/kemenpora.go.id)
Jakarta: Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh membuka pemilihan Wirausaha Muda Pemula (WMP) dan Penggerak WMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, di Ruang Victory Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (15/10) malam. 
 
Pemilihan WMP dan Penggerak WMP tahun ini sebagaimana tahun-tahun sebelumnya merupan wujud apresiasi pemerintah khususnya Kemenpora bagi para pemuda yang dianggap telah berhasil dan memiliki prestasi dalam menjalankan usaha ataupun yang telah mampu menggerakkan pemuda lain dalam menebar manfaat bagi lingkungan dan komunitas sekitarnya.
 
Pemilihan dilangsungkan dari tanggal 15-19 Oktober 2019, dengan 65 finalis dari jumlah peserta terdaftar mencapai 258 anak muda dengan sebaran wilayah dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua.
"Malam ini saya lihat wajah-wajah juara dari para pemilik talenta muda pelaku kewirausahaan. Pemilihan ini menjadi bagian apresiasi pemerintah untuk terus mengembangkan berbagai ragam potensi yang dimiliki dari masing-masing individu," kata Deputi Niam.
 
Lebih lanjut ditegaskan bahwa ajang pemilihan ini tidak sekedar kontestasi tetapi lebih didorong pada perluasan jejaring didalam membangun kebersamaan saling melengkapi demi kesuksesan dan kemandirian bangsa dibidang ekonomi pada masa kini dan mendatang. "Bisnis itu memerlukan kecerdasan yang dibarengi kemauan. Berkumpulnya disini tidak hanya kompetisi namun lebih jauh titik kuatnya adalah kolaborasi. Ini bukan ujian tapi pembelajaran. Optimalkan potensi demi optimalisasi kesuksesan bagi bangsa," tutupnya.
  
Tahun ini ada enam kategori bidang usaha untuk WMP berprestasi yaitu pertanian dan kelautan, industri kreatif, industri pangan dan kuliner, perdagangan dan jasa, sociopreneur, technopreneur, serta satu kategori untuk penggerak wirausaha muda berprestasi, dengan Dewan Juri para praktisi wirausaha. Adapun total hadiah yang diperebutkan adalah 490 juta rupiah dengan juara 1,2,3 per bidang usaha. 
 
Pemberian hadiah kepada para pemenang dilaksanakan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober 2019. Hadir, Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan, Asdep Kewirausahaan Kemenkop UKM Nasrun, Direktur Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan IPB Zaenal Effendi dan para Dewan Juri. (cah)