Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Dukung Pekan Pemuda Nasional yang di Prakarsai Oleh PPI


Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal melantik sekaligus pengukuhan Pengurus Nasional Pekan Pemuda Indonesia (PPI) periode 2019-2026 di Teater Wisma Kemenpora, Selasa (15/10) sore. Adapun sebagai Ketua Nasional PPI Natalis Situmorang dan Sekjen PPI Angga Busra Lesmana.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal melantik sekaligus  pengukuhan Pengurus Nasional Pekan Pemuda Indonesia (PPI) periode 2019-2026 di Teater Wisma Kemenpora, Selasa (15/10) sore. Adapun sebagai Ketua Nasional PPI Natalis Situmorang dan Sekjen PPI Angga Busra Lesmana.
 
Pelaksanaan Pekan Pemuda Nasional pertama akan digelar di kota Bandung pada tahun 2020 mendatang. Dan Pada gelaran pertama nanti akan ada 13 cabang yang akan diperlombakan. Untuk pelaksanan Pekan Pemuda Provinsi, Daerah Kota/ Kabupaten  selanjutnya akan diatur dalam Peraturan Rumah Tangga dengan periode tiga tahun sekali. 
 
"Dengan pelantikan ini bisa membawa arah pemuda Indonesia yang lebih baik. Kita harus  buktikan PPI akan menjadi organisasi yang mewarnai segenap potensi anak muda  untuk berkreativitas dan mengembangkan bakat anak muda. Semoga dengan Pekan Pemuda Nasional yang  pertama nanti akan bermunculan kreativitas anak muda Indonesia," ujar Jonni. 
 
PPI yang merupakan organisasi  berhimpun para pemuda yang memiliki kreativitas nantinya, akan terus bergulir mulai dari Pekan Pemuda Nasional hingga Pekan Pemuda Provinsi dan Pekan Pemuda Kabupaten/Kota.
 
"Pekan Pemuda Nasional ini ibarat Pekan Olahraga Nasional (PON), dulu saat PON pertama tahun 1948 belum ada yang berebutan jadi tuan rumah tapi sekarang ini propinsi saling berebutan jadi tuan rumah PON. Begitu juga dengan Pekan Pemuda Nasional, awalnya  belum ada provinsi yang tertarik jadi tuan rumah tapi nanti berapa tahun yang akan datang, Pekan Pemuda Nasional akan jadi rebutan propinsi. Dan ini akan jadi sejarah bagi PPI. Sejarah ini kita mulai dari Indonesia, " tambah Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga yang juga sebagai Pembina PPI Samsudin. 
 
PPI adalah satu-satunya organisasi yang pengelola PPN. PPI  berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan, dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan ajang perlombaan kreativitas pemuda di wilayah Indonesia. "Kenapa PPI di bentuk, karena selama ini belum ada pertandingan yang mempertandingkan kreativitas pemuda secara nasional. Sama dengan di multi event olahraga, nanti yang juara di Pekan Pemuda Nasional akan  mendapatkan emas, perak dan perunggu," jelasnya. 
 
Untuk cabang kreativitas pemuda yang dipertandingkan tak lepas dari bidang seni dan budaya, bidang kreativitas, bidang teknologi dan informasi yang meliputi 13 item diantaranya, menyanyi, dance, stand up comedy, DJ, nasyid, beet box, baris-berbaris, action figure, yoyo, robotic, tamiya, remote control dan drone. (rep)