Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Tiba di Bandara Mopah Merauke, Menpora Disambut Tarian Gatsi


Tepat pada pukul 7:30 WIT, Menpora Imam Nahrawi bersama istrinya Shobibah Rohmah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke, Papua dengan mengunakan pesawat Batik Air, Senin (22/7) pagi. Kadatangan rombongan Menpora disambut Bupati Merauke Frederikus Gebze beserta jajarannya dan para pejabat Kemenpora.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Merauke : Tepat pada pukul 7:30 WIT, Menpora Imam Nahrawi bersama istrinya Shobibah Rohmah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke, Papua dengan mengunakan pesawat Batik Air, Senin  (22/7) pagi. Kadatangan rombongan Menpora disambut Bupati Merauke Frederikus Gebze  beserta jajarannya dan para pejabat Kemenpora. 
 
Penyambutan dilakukan di depan ruang  VVIP  dengan pengalungan bunga serta tarian selamat datang. Setelah saling sapa dengan kalimat-penyimpul dan ucapan selamat datang, Bupati Merauke menyematkan simbol- simbol adat berbentuk kalung adat dan Mahkota Burung Cendrawasih Asli Etnik Papua. 
 
Proses adat berlanjut, Menpora  dan rombongan berjalan menuju ruang VVIP  sambil diiringi tarian Gatsi dengan musik dan lagu-lagu adat Merauke yang membuat suasana   menjadi semarak. Tampak muda-mudi asli Merauke dengan busana khas daerah yang eksotis mermperagakan gerakan tari adat yang indah seirama dengan musik gendang Tifa.  Ini adalah wujud suka cita masyarakat Merauke menyambut kehadiran tamu terhormat yang datang ke kota Merauke. 
 
Melihat antusiasme muda-mudi Merauke menarikan tarian Gatsi, Menpora tak bisa menahan diri untuk  ikut menggoyangkan badannya. Ia pun meminta kepada para penari untuk menari. Ia  pun seketika, dia ikut menari bersama para penari yang menyambutnya. "Ayo menari lagi," ucap Menpora sambil ikut menari.  Tawa pun menghiasi wajah Menpora  yang asyik menari bersama. 
 
Ia pun mengaku bahwa kedatangan ke Merauke ini  karena Merauke tempat dimulainya program nasional Gowes Nusantara 2019 .  "Kunjungan saya ini karena Merauke terpilih untuk dimulainya program nasional sebagai tindak lanjut  dari Instruksi Presiden yaitu Gowes Nusantara. Program ini merupakan kegiatan  bersepeda dari Merauke ke Sabang. Ini sebuah program besar untuk menyatukan kita dari perbedaan lewat sepada.," ujarnya
 
"Selebihnya, saya akan melihat nanti persiapan Merauke sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Saya bersama bupati akan melihat persiapan venue-venue Dan saya yakin pasti persiapan sudah sangat bagus," tambahnya. 
 
Ia melanjutkan,  Merauke juga  merupakan daerah yang sangat potensial melahirkan banyak  atlet. Baik itu atlet atletik, renang, tinju dan sebagainya. Ini kesempatan saya juga untuk memastikan bahwa Merauke ke depan harus menjadi destinasi olahraga, apalagi Merauke menjadi salah satu tempat pertandingan  PON 2020. Dan ini saya kira akan banyak mendorong munculnya atlet berprestasi, " tutupnya. (rep)