Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Luar Biasa, Indonesia Sukses Kawinkan Emas Bulu Tangkis Beregu di ASG 2019


Perjuangan tim beregu bulutangkis putra dan putri Indonesia membuahkan hasil manis dengan berhasil merebut emas pada partai final bulutangkis beregu Asean Schools Games 2019, atas Malaysia. M. Aldo Apriyandi dkk berhasil mengatasi tekanan tim putra Malaysia. Aldo yang turun di tunggal putra langsung membungkam Chia Jeng Hon Malaysia 2 set langsung. (21-14), (21-12).(foto:dok/asg2019)
Semarang: Perjuangan tim beregu bulutangkis putra dan putri Indonesia membuahkan hasil manis dengan berhasil merebut emas pada partai final bulutangkis beregu Asean Schools Games  2019, atas Malaysia. M. Aldo Apriyandi dkk berhasil mengatasi tekanan tim putra Malaysia. Aldo yang turun di tunggal putra langsung membungkam Chia Jeng Hon Malaysia 2 set langsung. (21-14), (21-12).
 
Sementara di ganda putra Indonesia Asghar Herfanda/Ryan Cannavaro pun memetik hasil yang sama mengalahkan Demon Anthony/Wan M. Arif meski harus rubber set (22-20), (20-22), (21-10). Pun di tunggal putra lainnya M. Iqbal juga harus rubber set menekuk Ong Zhen Yi (21-8),(9-21), (21-16).
 
"Sebenarnya target pertama kita di beregu putri tapi karena terlihat di putranya kekuatannya merata jadi ini kejutan untuk Indonesia tentunya," kata Kepala Pelatih Bulutangkis Luluk Hadiyanto usai pengakungan medali di GOR USM, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21-7) siang.
 
"Saat ini kondisi sebenarnya tidak ideal kami terus memotivasi bahwa ini bagian dari bela negara dan tujuan bernegara adalah mengangkat harkat martabat bangsa jadi mereka tentu fight dan semaksimal mungkin," tuturnya.
 
Di partai beregu putri Indonesia pun berhasil mengungguli Malaysia 3-1. Ganda putri Aldira R. Putri/Metya I. Cindiani menang atas Cheng Su Hui/Cheng Su Yin (21-14),(21-16), hasil sama ditorehkan Aisyah Sativa di tunggal putri atas Malaysia Arena Samin (19-21), (21-16), (21-13).
 
Kekalahan di partai tungal putri Saifi Rizka melawan Khor Jing Wen dibayar lunas oleh tunggal putri lainnya Alifa Intan yang berhasil mengalahkan tunggal putri Malaysia Siti Nursuhaini (21-12),(21-14).
 
"Pokoknya kita dari awal main lepas tidak mikirin beban dan harus yakin percaya diri apalagi di penyisihan grup sudan ketemu jadi sudah tahu tau caranya lawan main sedikit banyak kata," kata Aldira R. Putri. (ben)