Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Buka Porpamnas VI di Bandung, Menpora Terima Obor dan Main Tenis Meja Bareng Wagub Jabar


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang didampingi Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO Kemenpora, Bayu Rahadian secara resmi membuka Pekan Olahraga Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) VI di Sasana Budaya Ganesa, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Jawa Barat, Senin (15/7). Kejuaraan olahraga yang berlangsung dua tahun sekali ini diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi).(foto:satria/kemenpora.go.id)
Bandung: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang didampingi Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO Kemenpora, Bayu Rahadian secara resmi membuka Pekan Olahraga Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) VI di Sasana Budaya Ganesa, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Jawa Barat, Senin (15/7). Kejuaraan olahraga yang berlangsung dua tahun sekali ini diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi).

Opening ceremony ditandai ketika Menpora Imam Nahrawi menerima obor Porpamnas VI dari Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kemudian, Menpora menyalakan api tersebut ke kaldron mini. Setelah itu, acara semakin meriah ketika Menpora Imam Nahrawi bermain tenis meja bersama Wagub Uu Ruzhanul. Penonton terus bertepuk tangan selama pertandingan persahabatan itu usai.

Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi kejuaraan olahraga yang diikuti oleh para insan air minum, atau yang biasa disebut “tukang ledeng” di seluruh Indonesia. Menpora mengatakan, olahraga membuat badan menjadi bugar. Selain itu, juga bisa menyatukan masyarakat. 

“Saya bersyukur bisa hadir untuk menyaksikan secara langsung perhelatan yang luar biasa, ini adalah kali kedua saya bisa hadir. Saya sangat gembira karena acara ini bisa dilaksanakan. Saya sangat berterima kasih, perjuangan bapak/ibu sekalian yang terus melayani masyarakat Indonesia. Juga terus memberi perhatian kepada masyarakat,” kata Menpora.

Lebih lanjut, Menpora juga sangat senang kegiatan Porpamnas bisa terus eksis sampai sekarang ini. Acara ini, sebut Menpora, juga sebagai ajang silaturahmi sesama para insan air minum. Menpora berharap, para atlet bisa berprestasi pada kejuaraan tersebut dan mampu membanggakan daerahnya masing-masing.

“Olahraga dapat menyatukan kita. Tak semata-mata hanya prestasi, tapi acara ini juga sebagai ajang silaturahmi, mulai dari Aceh hingga Papua. Lebih dari ini, pasti para atlet yang bertanding semuanya ada motivasi tinggi kelak menjadi atlet yang berprestasi dimasa mendatang,” jelas Menpora.

Sebagai informasi, kejuaraan ini berlangsung pada 15-18 Juli 2019. Peserta pada event ini diikuti dari 31 pengurus daerah Perpamsi. Rinciannya, atlet berjumlah 622 orang. Kemudian, ofisial berjumlah 226 orang. Lalu, pengurus kontingen sebanyak 140 orang. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu: futsal, tenis lapangan, bola voli, tenis meja, catur, bulu tangkis, vokal, dan eksibisi golf. (jef)