Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Peringati Hari Kelahiran Pancasila


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah-Putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Halaman utama Kantor Kemenpora. Sebagai pembina upacara dipimpin langsung Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah-Putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Halaman utama Kantor Kemenpora. Sebagai pembina upacara dipimpin langsung Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti.

Upacara yang diikuti seluruh pejabat Eselon I,II,III,IV hingga staf dan karyawan bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian, tanggungjawab dan disiplin Aparatur Sipil Negara dalam mewujudkan kehidupan bangsa dan negara yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Dalam amanatnya Yuni menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Menurutnya Pancasila mampu menyatukan seluruh bangsa Indonesia sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah dari Tuhan, meskipun sebagai bangsa belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan sebagai bangsa dan sebagai negara masih bertahan hingga kini berkat Pancasila," kata Yuni.

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. "Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai penuntun keberagaman dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam slogan Bhineka Tunggal Ika," lanjutnya.

Pesan Presiden Joko Widodo, lanjutnya, memperingati Hari Kelahiran Pancasila setiap 1 Juni merupakan keniscayaan. "Upacara ini sebagai upaya mengenang dan merefleksikan momentum sejarah fundamental Indonesia sebagai dasar negara yang beragam dapat bersatu sebagai satu bangsa yang besar serta kita bangun kebersamaan untuk menyongsong kehidupan berbangsa yang lebih baik, sekaligus merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia," katanya.

"Kita Indonesia kita Pancasila adalah sosok yang optimis dan penuh harapan menatap masa depan bangsa maju adil dan makmur, Pancasila harus dijadikan sumber inspirasi politik harapan dalam berbangsa dan bernegara, kita harus terus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia, kita harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tantangan masyarakat yang adil, damai dan makmur, Kita Indonesia Kita Pancasila," tutupnya. (ben)